Implementasi Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat Di PGMI
Main Author: | Mauluah, Luluk |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/9 http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/9/7 |
Daftar Isi:
- Pendekatan konstruktivisme merupakan proses pembelajaran yang menerangkan bagaimana pengetahuan disusun dalam pikiratt siswa. Implementasi pendekatan konstruktivisme dapat dilakukan dengan prinsip-prinsip PAKEM. Pelaksanaan PAIKEM pada pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat dilakukan dengan eksplorasi alat peraga tangga, lantai keramik, garis bilangan dan mainan hewan serta manik-manik dan penyusunan pola matematika. Adapun topik perkalian dan pembagian diimplementasikan dengan eksplorasi pola, konsep lawan bilangan dan konsep I love to hate, I hate to hate.