Implementasi Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat Di PGMI

Main Author: Mauluah, Luluk
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University , 2018
Subjects:
Online Access: http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/9
http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/9/7
Daftar Isi:
  • Pendekatan konstruktivisme merupakan proses pembelajaran yang menerangkan bagaimana pengetahuan disusun dalam pikiratt siswa. Implementasi pendekatan konstruktivisme dapat dilakukan dengan prinsip-prinsip PAKEM. Pelaksanaan PAIKEM pada pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat dilakukan dengan eksplorasi alat peraga tangga, lantai keramik, garis bilangan dan mainan hewan serta manik-manik dan penyusunan pola matematika. Adapun topik perkalian dan pembagian diimplementasikan dengan eksplorasi pola, konsep lawan bilangan dan konsep I love to hate, I hate to hate.