Pembelajaran Sains di MI untuk Membentuk Peserta Didik yang Humanistik Religius
Main Author: | Rokhimawan, Moh. Agung |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/76 http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/76/73 |
Daftar Isi:
- Terjadi perkembangan sains yang cepat dan canggih di abad 20, bahkan produk-produk teknologi di abad ini membuat perkembangan sains semakin cepat dimasa depan. Proses pembelajaran, pengajar haruslah memusatkan perhatiannya kompetensi pada peserta didik.Pembelajaran sains yang bagaimana yang dapat membentuk peserta didik menjadi manusia yang humanistik religius?. Pembelajaran Sains itu humanisme dan religius jika pendidik menggunakan dan menerapkan pendekatan SETS yang terdapat tujuh komponen utama, yaitu: konstruktivisme, penyelidikan, bertanya, masyarakat be/ajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Intisari dari ajaran Islam adalah Tauhid.