Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Pembentukan Kelompok Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ngawen

Main Author: Mauluah, Luluk
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University , 2018
Subjects:
Online Access: http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/31
http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/31/28
Daftar Isi:
  • Hasil pengamatan yang dilakukan di kelas V MIN Ngawen menunjukkan bahwa selama mengikuti proses kegiatan pembelajaran matematika siswa cenderung pasif, dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Untuk memperbaiki keadaan tersebut, penulis mengupayakannya dengan melakukan pembentukan kelompok belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Melalui penelitian ini diharapkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika akan meningkat. Peningkatan prestasi belajar diukur dari peningkatan nilai pre-test, nilai akhir siklus I, nilai akhir siklus II dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, keaktifon siswa, dan proses pembelajaran.