Pengembangan LKS Matematika Yang Terintegrasi Dengan Nilai-Nilai Islam Di Kelas IV MI Diponegoro Bantul

Main Author: Mauluah, Luluk
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University , 2018
Subjects:
LKS
Online Access: http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/146
http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/146/145
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian R&D yang bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam untuk kelas IV SD/MI. Metode penelitian yang digunakan adalah model Borg & Gall. LKS yang dihasilkan memiliki komponen: kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator. Selain itu ada aikon ide, mari bermain, mari berlatih, diskusikan bersama ternan-ternan dan latihan. Integrasi dilakukan pada 4 ranah:filosoji, materi, strategi dan metodologi. Kompetensi dasar yang dapat diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam secara langsung adalah kompetensi dasar 3.4, 3. 7, 3.8, dan 3.11. Efektifitas LKS hanya tercapai menurut ketuntasan individu, dan tidak tercapai secara klasikal.