Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbatuan Komputer Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD

Main Author: Abdullah, Abdullah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Study Program of Islamic Elementary Education, Sunan Kalijaga State Islamic University , 2018
Subjects:
Online Access: http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/104
http://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/104/101
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pembelajaran matematika berbantuan komputer terhadap prestasi belajar matematika siswa SD pada tema pokok keliling dan luas jajargenjang dan segitiga.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan variabel terikat prestasi belajar matematika siswa SD dan variabel bebasnya adalah media berbantuan komputer dan media konvensional. Desain penelitiannya yaitu desain kelompok kontrol nonekuivalen. Subjek penelitian sebanyak 62 siswa. lnstrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan menggunakan ana/isis kovarian dengan skor pre-test sebagai kovariat pada tarafsignifikansi 5 % (d = 0.05).Hasil penelitian ini adalah; pembelajaran matematika berbantuan komputer berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa SD, hasil analisis kovarian menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05.