PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI SMPN 35 BATAM

Main Authors: Sumiati, Sumiati, Syamsi, Fauziah, Sari, Nurhaty Purnama
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Riau Kepulauan , 2015
Subjects:
Online Access: https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/simbiosajournal/article/view/541
https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/simbiosajournal/article/view/541/407
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Round club terhadap hasil belajar siswa kelas VII dalam materi Ekosistem di lingkungan SMP Negeri 35 Batam Tahun Ajaran 2013-2014. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII berjumlah 6 kelas, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.5. sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6. sebagai kelas kontrol mengunakan teknik simpel random sampling pada Analisis. Data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan Uji t. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai thitung = 2,91 sedangkan nilai ttabel = 2,00 atau T hit > T tab. Berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran Round Club terhadap hasil belajar biologi pokok bahasan Ekosistem di lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 35 Batam.