IMPLEMENTASI METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VII SMPN 31 BATAM
Main Authors: | Darlianty, Darlianty, Puspita, Lani, Sudirman, Destaria |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Riau Kepulauan
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/simbiosajournal/article/view/538 https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/simbiosajournal/article/view/538/404 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (Penelitian Tindakan Kelas), yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII B pada pembelajaran IPA Terpadu (sains) di SMP N 31 Batam di Tahun Akademik 2013/2014. Pelaksanaan penelitian ini berlangsung 3 (tiga) siklus setiap siklus dilakukan dua pertemuan dan satu pertemuan pada siklus ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kegiatan belajar siswa dengan rata-rata pada siklus 1 adalah 57% (rendah), pada siklus 2 adalah 101% (tinggi) dan siklus 3 adalah 121% (sangat tinggi). Aktivitas guru rata-rata pada siklus pertama adalah 75% (kurang sempurna), pada siklus kedua adalah 101% (sempurna) dan siklus ketiga adalah 110% (sangat sempurna). Dengan demikian penerapan metode Card Sort pada materi sains dapat mempengaruhi peningkatan nilai pada siswa dalam kegiatan belajar baik secara individual maupun kelompok.