PENGARUH PENGGUNAAAN METODE PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS VII SMPN 1 BELAKANG PADANG BATAM
Main Authors: | Syahputri, Mirna, Harahap, Darul Aman, Rahmi, Rahmi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Riau Kepulauan
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/simbiosajournal/article/view/534 https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/simbiosajournal/article/view/534/400 |
Daftar Isi:
- Penelitian dilakukan di kelas VII SMPN 1 Belakang Padang Batam dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2012, bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dengan menggunakan Metode Problem Base Instruction pada materi Ekosistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuasi-eksperimental (Quasi-Experimental) dengan memakai keseluruhan populasi siswa kelas VII. Data penelitian adalah hasil dari belajar Ekosistem yakni dengan metode problem base instruction (X1) dan dengan pendekatan konvesional (X2). Analisis data dengan menggunakan teknik statistik diskriptif dan teknik analisis inferensial menggunakan hipotesis Uji t yaitu generalisasi nilai hasil penelitian menggunakan mean perbedaan tes kedua perlakuan dengan pada tingkat α level signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) secara keseluruhan, ada pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa (2) Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa penggunaan metode problem base instruction cenderung yang lebih baik dibandingkan dengan pendekatan konvensional.