PENGARUH PENGGUNAAN METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM KELAS X SMAN 17 BATAM

Main Authors: Tumanggor, Maryuna, Sari, Nurhaty Purnama, Ramses, Ramses
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Riau Kepulauan , 2015
Subjects:
Online Access: https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/simbiosajournal/article/view/533
https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/simbiosajournal/article/view/533/399
Daftar Isi:
  • Penelitian dilakukan di kelas X SMAN 17 Batam dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2012, bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dengan menggunakan Metode Picture and Picture pada materi Ekosistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuasi-eksperimental (Quasi-Exsperimental) dengan memakai keseluruhan populasi siswa kelas X. Data penelitian adalah hasil dari belajar Ekosistem yakni dengan metode picture dan picture (X1) dan dengan pendekatan konvesional (X2). Analisis data dengan menggunakan teknik statistik diskriptif dan teknik analisis inferensial menggunakan hipotesis Uji t yaitu generalisasi nilai hasil penelitian menggunakan mean perbedaan tes kedua perlakuan dengan pada tingkat α level signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) secara keseluruhan, ada pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa (2) Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa penggunaan metode picture dan picture cenderung yang lebih baik dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Kata Kunci: