PENGEMBANGAN POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA TUNA RUNGU KELAS IV DI SEKOLAH DASAR INKLUSI
Main Authors: | Agustin, Ina , Arik Umi Pujiastuti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Proceeding |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lemlit dan LPM Universitas PGRI Ronggolawe
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/99 http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/99/99 |
Daftar Isi:
- Tunarungu mengalami hambatan dalam memproses informasi bahasa melalui pendegarannya yang berdampak pada pendidikan dan kehidupannya. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media Pop up Book untuk siswa tuna rungu kelas IV di SDN Inklusi. Produk Pop up Book layak secara teoritik, memiliki tingkat keterterapan yang tinggi serta efektif digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatnya kemampuan menulis narasi. Desain penelitian pengembangan ini menggunakan model 4 D (four D model) oleh Thiagarajan dan Semmel (1974). Subjek penelitian adalah siswa tuna rungu kelas IV di SDN inklusi Bangunrejo II Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Pada pengembangan media Pop up Book yang dijadikan subjek uji coba adalah ahli desain pembelajaran dan Ahli materi (praktisi pembelajaran) Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi , tes dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi: lembar validasi, lembar observasi angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi mendapat 90 % dengan kriteria valid, ahli media pembelajaran mendapat 84% dengan kriteria sangat valid. Untuk hasil observasi kegiatan evaluasi satu lawan satu yang dilakukan oleh siswa tuna rungu mendapat rata-rata 81% sedangkat angket respon siswa mendapat 86 % dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan analisis data kuantitatif dan kualitatif dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran buku pop up layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa tuna rungu di SDN Inklusi.