EFEKTIVITAS PENERAPAN BERMAIN BALOK ATRIBUT UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK
Main Author: | Nugrahani, Risma |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Proceeding |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lemlit dan LPM Universitas PGRI Ronggolawe
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/44 http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/44/51 |
Daftar Isi:
- Penguasaan kemampuan motorik halus tidak hanya datang dari lembar kerja anak, melainkan anakanak mengalami perkembangan melalui pengalaman langsung dengan kegiatan-kegiatan nyata yangdidukung dengan permainan dalam bentuk permainan konkret sehingga anak bisa bereksplorasi denganmedia pembelajaran tersebut. Salah satu strategi untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anakialah dengan bermain balok atribut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan bermainbalok atribut terhadap motorik halus anak kelompok B. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatifdengan rancangan penelitian eksperimen semu Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian dilakukan diTK Al Uswah dan TK Hidayatun Najah Tuban dengan kelompok kontrol yang berjumlah 45 anak dankelompok eksperimen berjumlah 45 anak. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dandokumentasi menggunakan pedoman observasi kemampuan motorik halus. Sedangkan analisis datamenggunakan One Way Anova dengan bantuan SPSS 21.00. Menurut hasil uji One Way Anova jika sig<0,05 maka dinyatakan diterima dan jika sig >0,05 dinyatakan ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwabermain balok atribut efektif dalam menstimulasi kemampuan motorik halus, hal ini terbukti dari hasil ujiOne Way Anova yang menunjukkan nilai Fhitung = 4,406 dengan tingkat signifikansi (sig) 0,039 yang lebihkecil dari 0,05 Karena hipotesis menyatakan <0,05 maka dinyatakan diterima. Penerapan bermain balokatribut dapat menstimulasi kemampuan motorik halus dalam hal menyusun menara dengan balok, menyusunbentuk dari kepingan balok, memasukkan balok ke dalam lubang sesuai bentuk, serta meniru bentuk geometrimenggunakan balok. Selanjutnya disarankan kepada lembaga PAUD untuk menerapkan kegiatan bermainbalok atribut sebagai salah satu alternatif untuk menstimulus kemampuan motorik halus anak