PROFIL BERPIKIR KRITIS SIWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN METEMATIKA

Main Authors: Retno Kusuma Wardhani, Warli, Surawan
Format: Article info application/pdf Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: Lemlit dan LPM Universitas PGRI Ronggolawe , 2017
Subjects:
Online Access: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/125
http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/125/125
Daftar Isi:
  • Setiap siswa memiliki tingkat berpikir kritis yang berbeda-beda. Untuk itu dalam pembelajaran seorang guru harus bisa memperhatikan tingkat berpikir kritis yang dimiliki setiap siswa, agar tepat dalam memberikan pembelajaran sesuai dengan tingkat kemampuan matematika dari setiap siswa. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menghadapi permasalahan sehari – hari, terutama masalah matematika. Adapun tujuannya dari penelitian ini adalah mendeskripsikan profil berpikir kritis ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Instrumen penelitiannya berupa tes kemampuan matematika, tes berpikir kritis serta wawancara. Subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa yang dipilih berdasarkan hasil dari nilai tes kemampuan matematika yang memiliki nilai tinggi, sedang dan rendah. Teknik analisis data penelitian ini berupa analisis data deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisis hasil tes berpikir kritis dan hasil wawancara siswa berdasarkan indikator berpikir kritis yaitu interprestasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa berkemampuan matematika tinggi dapat melalui seluruh indikatot berpikir kritis sehingga tergolong baik. Siswa berkemampuan matematika sedang dan rendah tidak dapat melalui seluruh tahapan berpikir kritis sempurna maka siswa tergolong sukup dan kurang.