PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SAINTIFIK DENGAN STRATEGI LIPIRTUP DI SMP

Main Authors: Mu'minin, Moh., Mulyani, Wahyu
Format: Article info application/pdf Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: Lemlit dan LPM Universitas PGRI Ronggolawe , 2017
Subjects:
Online Access: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/50
http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/50/66
Daftar Isi:
  • Pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013 menganut pendekatan saintifik danmenanamkan pendidikan karakter serta dilaksanakan berbasis teks. Salah satu di antaranya adalah teks deskripsi.Menulis teks deskripsi merupakan salah satu pokok bahasan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Agarsiswa tertarik dan mudah mengikuti pembelajarn menulis teks deskripsi diperlukan strategi lipirtup. Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) skenario pembelajaran menulis teks deskripsi bermuatan pendidikankarakter berbasis saintifik dengan strategi lipirtup, 2) aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam pembelajaranmenulis teks deskripsi, 3) kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran, dan 4) hasil pembelajaranmenulis teks deskripsi bermuatan pendidikan karakter berbasis saintifik dengan strategi lipirtup. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif studi survey.