FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEGAWAI DINAS PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN KABUPATEN TUBAN TAHUN 2019

Main Authors: Muhammad Yusuf , Handaru Indrian S Adi
Format: Article info application/pdf Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: Lemlit dan LPM Universitas PGRI Ronggolawe , 2019
Subjects:
Online Access: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/279
http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/279/258
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini mengenai potret aparat pemerintah di Indonesia yang sering berkisar pada rendahnya profesionalisme, budaya kerja dan ethos kerja yang masih rendah. Padahal kinerja aparat pemerintah bertujuan untuk memberikan pelayanan publik, mempermudah urusan publik, mempersingkat pelayanan dan memberikan kepuasaan kepada publik. Salah satunya adalah pegawai Dinas Pendidikan di Kabupaten Tuban. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh locus of control, Orientasi Tujuan, Kompleksitas Tugas dan Gaya Kepemimpinan teradap kinerja pegawai. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah locus of control, Orientasi Tujuan, Kompleksitas Tugas dan Gaya Kepemimpinan. Variabel terikatnya  adalah Kinerja  Pegawai. Alat analisisnya dengan menggunakan metode purposive sampling. Data diuji menggunakan uji regresi regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 22. Dari hasil penelitian diperoleh Pengaruh Locus of control sebesar 0,011 < 0,05 , Orientasi tujuan sebesar 0,047 < 0,05. Kompleksitas tugas pegawai sebesar 0,025 < 0,05.  Gaya kepemimpinan pegawai sebesar  0,036 < 0,05. terhadap Kinerja pegawai secara parsial menunjukkan ada pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai Fhitung 21,787 > Ftabel 2,537 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh locus of control, orientasi tujuan, kompleksitas tugas pegawai, dan gaya kepemimpinan pegawai secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban.