GUIDED EXPERIMENTS BOOK BERBASIS SETS (SCIENCE ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MEMBERDAYAKAN SCIENCE PROCESS SKILL SISWA SEKOLAH DASAR
Main Authors: | Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Proceeding |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lemlit dan LPM Universitas PGRI Ronggolawe
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/224 http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/224/161 |
Daftar Isi:
- Guided Experiment Book berbasis SETS merupakan buku panduan untuk siswa dalam melaksanakan kerja ilmiah.Tujuan penelitian untuk memberdayakan Science Process Skill melalui Guided Experiment Book berbasis SETS. Penelitian ini melibatkan 50 siswa kelas V yang terbagi dalam 2 kelompok meliputi 25 siswa pada kelompok intervensi dan 25 siswa pada kelompok kontrol. Kegiatan dilakukan selama kurun waktu 3 bulan diluar kegiatan sekolah. Pemberdayaan SPS dilihat dari meningkatnya hasil sebelum dan sesudah penerapan Guided Experiment Book berbasis SETS. Guided Experiment Book berbasis SETS membantu siswa untukmemberdayakan SPS melalui tahapan kegiatan invitasi, eksplorasi, pemecahan masalah, aplikasi konsep dan menyimpulkan. Tahapan tersebut merupakan kegiatan yang membiasakan siswa untuk mempelajari konsep melalui proses dan mengaplikasikan teknologi yang berwawasan lingkungan.Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Guided Experiment Book berbasis SETS dapat memberdayakan SPS siswa sekolah dasar.