PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT DENGAN MEDIA MONOPOLI ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Main Authors: Srimona, Heny Sulistyaningrum
Format: Article info application/pdf Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: Lemlit dan LPM Universitas PGRI Ronggolawe , 2018
Subjects:
Online Access: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/219
http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/219/166
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan respon siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tuban tahun pelajaran 2017/2018 setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Media Monopoli Ular Tangga, 2) Untuk mendiskripsikan respon siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tuban tahun pelajaran 2017/2018 terhadap pembelajaran matematika setelah diterapkan Model Pembelajaran TGT dengan Media Monopoli Ular Tangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode tes. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi segi empat setelah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Media Monopoli Ular Tangga dari setiap siklusnya dengan rata-rata pada siklus I sebesar 64, pada siklus II meningkat menjadi 70,64, dan pada siklus III juga meningkat menjadi 88,32. Sedangkan respon siswa terhadap penerapan model model pembelajaran kooperatif TGT dengan media monopoli ular tangga adalah dengan persentase respon positif sebesar 91,53%, maka dapat dikatakan bahwa respon siswa adalah positif.