PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DENGAN MEDIA VIDEO SCRIBE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
Main Authors: | Yuli Nur Indah Sari, Dumiyati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Proceeding |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lemlit dan LPM Universitas PGRI Ronggolawe
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/216 http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/216/170 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa terutama dalam keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran Ekonomi, sehingga berpengaruh terhadap Hasil Belajar siswa yang belum Optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar, dan respon siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran Question Student Have dengan Media Video Scribe pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Dr. Musta’in Romly. Metode yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas yang mengunakan model tiap siklus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes, dan kuesioner. Dalam penelitian ini hasil yang didapatkan cukup baik yakni pada aktivitas guru pada siklus I sebesar 60% kemudian meningkat pada siklus II sebesar 75%, dan pada siklus III meningkat menjadi 88,75%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 51,5%, pada siklus II sebesar 77,5%, pada siklus III sebesar 89,9% sehingga hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 62%, Sklus II 81%, dan Siklus III 90,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Question Student Have dengan media Video Scribe dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.