PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA BERBASIS LITERASI SAINS PROGRAM STUDI PGSD UNIROW TUBAN
Main Authors: | Winata, Anggun , Sri Cacik, Ifa Seftia Rakhma Widiyanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Proceeding |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lemlit dan LPM Universitas PGRI Ronggolawe
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/119 http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/119/119 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan pengukuran kemampuan literasi sains mahasiswa melalui pretes, sebagian besar mahasiswa prodi PGSD Unirow cenderung masih memiliki kemampuan literasi sains yang masih rendah yaitu dengan jawaban benar di bawah 50%. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu adanya pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan literasi sains mahasiswa. Peningkatan kemampuan literasi sains dapat dilakukan dengan kegiatan praktikum sehingga perlu dikembangkan petunjuk praktikum berbasis literasi sains yang dapat mendukung kegiatan praktikum. Penelitian bertujuan mengetahui kelayakan petunjuk praktikum IPA berbasis literasi sains yang telah dikembangkan, implementasi petunjuk praktikum IPA berbasis literasi sains untuk meningkatkan kemampuan literasi sains mahasiswa dan respon mahasiswa terhadap proses pembelajaran setalah menggunakan petunjuk praktikum IPA berbasis literasi sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD Universitas PGRI Ronggolawe Tuban angkatan 2016 semester 2. Data penelitian meliputi kelayakan petunjuk praktikum, kemampuam literasi sains serta respon mahasiswa. Kelayakan petunjuk praktikum diukur dengan instrumen penilaian ahli dan penilaian terbatas mahasiswa, kemampuan literasi sains diukur melalui tes dengan tujuh indikator, dan respon mahasiswa diukur dengan angket respon. Data penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif yang meliputi persentase masing-masing indikator penilaian oleh ahli dan penilaian terbatas mahasiswa, persentase indikator kemampuam literasi sains, dan persentase respon mahasiswa. Hasil penilaian validasi petunjuk praktikum berbasis literasi sains dikategorikan baik dengan persentase penilaian dari validator sebesar 87%. Hasil penilaian mahasiswa terhadap petunjuk praktikum berbasis literasi sains pada uji coba terbatas dikategorikan baik untuk komponen kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan bahasa. Kemampuan literasi sains mahasiswa PGSD Unirow Tuban tahun akademik 2016/2017 pada mata kuliah Pendidikan IPA mengalami peningkatan pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Respon mahasiswa terhadap buku petunjuk praktikum berbasis literasi sains adalah positif baik pada uji coba terbatas maupun pada uji coba lapangan.