PROFIL BERPIKIR LOGIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
Main Authors: | Alfin Nurul Imamah, Warli, Surawan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Proceeding |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lemlit dan LPM Universitas PGRI Ronggolawe
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/118 http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/118/118 |
Daftar Isi:
- Kemampuan berpikir logis adalah kemampuan esensial yang perlu dimiliki dan dikembangkan oleh peserta didik yang belajar matematika. Kemampuan berpikir logis tersebut diperlukan untuk menghadapi suasana bersaing yang makin ketat serta sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan tujuan pembelajaran sekolah. Adapun tujuannya dari penelitian ini adalah mendeskripsikan profil berpikir logis siswa ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Instrumen penelitiannya berupa tes kemampuan matematika, tes berpikir logis serta wawancara. Subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa yang dipilih berdasarkan hasil dari nilai tes kemampuan matematika yang memiliki nilai tinggi, sedang dan rendah. Teknik analisis data penelitian ini berupa analisis data deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisis hasil tes berpikir logis dan hasil wawancara siswa berdasarkan 4 tahapan berpikir logis yaitu analogi, penalaran probabilistik, penalaran kombinatorial dan controlling variabel. Dengan melalui tiga kegiatan secara bersamaan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir logis siswa berkemampuann tinggi tergolong baik. Berpikir logis siswa berkemampuan sedang tergolong cukup. Berpikir logis siswa berkemampuan rendah tergolong kurang.