EVEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERVISI SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA

Main Authors: Setyo Eko Atmojo, Wahyu Kurniawati
Format: Article info application/pdf Proceeding
Bahasa: eng
Terbitan: Lemlit dan LPM Universitas PGRI Ronggolawe , 2017
Subjects:
Online Access: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/100
http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/100/100
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tematik bervisi sci-ence, environment, technology and society dalam menumbuhkan keterampilan berpikir siswa di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subjek penelitian siswa kelas V SD di empat sekolah dasar di wilayah Kecamatan Kasihan Bantul Yogyakarta. Data keterampilan berpikir siswa diambil menggunakan teknik tes dengan teknik analisis data Deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata rata persentase keterampilan berpikir siswa pada masing masing sekolah berada pada kategori baik dan sangat baik. Diawali dengan pengukuran pada sekolah dasar Kembang Putihan rata-rata persentase keterampilan berpikir seluruh siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran sebesar 74,00 %, pada sekolah dasar Bibis rata-rata keterampilan berpikir sebesar 75,00 %, sekolah dasar Kadipiro 2 sebesar 78,09 % yang berada pada kategori baik, dan rata rata persentase keterampilan berpikir pada sekolah dasar Kasihan sebesar 80,07 % yang berada pada kategori sangat baik. Hal tersebut dapat diartikan bahwa siswa rata rata mempunyai keterampilan berpikir yang baik. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran tematik bervisi science, environment, technology and society yang memberikan keleluasaan kepada siswa untuk melakukan berbagai aktivitas belajar. Pemberian informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan juga mendorong dan menumbuhkan keterampilan berpikir siswa selama pembelajaran.