PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KOMITMEN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA GURU SD SE-KECAMATAN RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR
Main Authors: | Mahyuddin, Edeng, Komara, Asmara Hendra, Sudarno, Sudarno |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia
, 2018
|
Online Access: |
http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/97 http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/97/57 |
Daftar Isi:
- The purpose of this research is to analyze the influence of leadership style, organizational culture and motivation to teacher commitment and performance. The research object chosen in this study is the Primary School in the District of Rimba Melintang. Data were collected through questionnaires method that was filled independently of 269 respondents by using census method / questionnaire. The result of this research proves and gives the conclusion that: (1) leadership style have positive and significant influence to teacher motivation, (2) commitment have positive and significant influence to motivation (3) organizational culture have positive and significant influence to motivation, (4) (5) commitment does not affect the performance of gurui (6) organizational culture has no effect on teacher performance (7) motivation has no effect on performance. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan motivasi terhadap komitmen dan kinerja guru. Adapun objek penelitian yang dipilih dalam studi ini adalah Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Rimba Melintang. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner yang diisi secara mandiri terhadap 269 responden dengan menggunakan metode sensus/angket. Hasil dari penelitian ini membuktikan dan memberi kesimpulan bahwa: (1) gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi guru,(2) komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi (3) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi, (4) gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja (5) komitmen tidak berpengaruh terhadap kinerja gurui (6) budaya organisasi tidak berpengaruh terhdap kinerja guru (7) motivasi tidak berpengaruh terhadap kinerja.