PENGARUH FAKTOR PRODUK, HARGA, LOKASI, PROMOSI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PASAR INDUK GADANG KOTA MALANG
Main Author: | NATALIA, DESSY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.itn.ac.id/791/1/combinepdf%2827%29.pdf http://eprints.itn.ac.id/791/ |
Daftar Isi:
- Pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi menyebabkan tingginya aktivitas di Pasar Induk Gadang, yang mangakibatkan Pasar Gadang menjadi padat dan tidak teratur.Keputusan konsumen untuk berbelanja dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor. Faktorfaktor tersebut antara lain adalah faktor lokasi, kelengkapan produk, harga, promosi serta pelayanan yang di berikan. Produk adalah suatu sifat yang komplek baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba termasuk bungkus, warna, dan harga yang dapat diterima oleh pembeli untuk memuaskan kebutuhan dan keinginannya. Oleh karena itu, untuk dapat menarik konsumen dan dapat bersaing dengan pasar lain, maka hal yang dilakukan Pasar Induk Gadang adalah memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga konsumen mencapai kepuasan dengan cara memberikan produk yang berkualitas dan selengkap mungkin, pelayanan yang memuaskan, dan lokasi yang memadai sehingga akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan kombinasi metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Untuk metode penelitian kualitatif akan digunakan analisis secara deskriptif untuk menganalisis aspek karakteristik konsumen sedangkan untuk metode penelitian kuantitatif akan digunakan analisis regresi linear berganda. Analisis regresi linear berganda ini digunakan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang paling dominan dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di Pasar Induk Gadang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa factor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yaitu faktor produk, harga, lokasi, promosi dan pelayanan semuanya berpengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja konsumen.Dari kelima faktor tersebut, ternyata faktor produk dan pelayanan berpengaruh paling tinggi terhadap keputusan pembelian konsumen Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian