RANCANG BANGUN GAME 2D SHOOTER PLTFORMER MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

Main Author: Mau, Guido
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.itn.ac.id/715/1/skripsi%20%201%202%203%204%205.pdf
http://eprints.itn.ac.id/715/
Daftar Isi:
  • RANCANG BANGUN GAME 2D SHOOTER PLTFORMER MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE Guido Mau (1418040) Teknik Informatika – ITN Malang Email : guidomau1418@gmail.com Dosen Pembimbing : 1 . Suryo Adi Wibowo, ST, MT. 2 . Moh. Miftakhur Rokhman, S.Kom, M.Kom ABSTRAK Game merupakan salah satu hiburan yang sangat digemari oleh semua kalangan baik dari anak- anak hingga orang dewasa. Game ini di kembangkan dalam berbagai jenis salah satu yang paling populer adalah permainanan, di mana permainan memiliki jalan cerita yang bermacam macam, dan juga pada permainan selalu membuat permainan penasaran akan akhir cerita game tersebut.game Shooter Platformer merupakan permainan di mana permainan akan menjalakan karakter shooter platformer yang harus menyelamatkan bumi dari kehancuran yang ingin di kuasai oleh musuh dan pengikutnya. Dalam game ini menggunakan sofware Unity 3D, dengan menerapkan kecerdasan buatan Finite State Machine (FSM). FSM di gunakan pada karakter Non playable Character(NPC) yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan buatan yang di gunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter Enemy dan Boss yang di gunakan tiga hal yaitu : keadaan, kejadian, dan aksi. Pada pengujian metode Finite State Machine yang di terapkan pada musuh sebgaian besar responden menytakan bahwa fungsi dari masing-masing state telah berjalan dengan baik, artinya prosentase penilaian berkisar 60% selain itu game ini juga dapat di gunakan sebagai game edukasi, hal tersebut dapat di buktikan dengan pengujian terhadap user yang menyatakan 60% menyatakan bahwa game ini sudah cukup, 30% menyatakan sudah baik, dan 10% menyatakan sangat baik. Kata kunci : Game Shooter Platformer, Finite State Machine, Unity3D