ANALISA PENGARUH PEMBEBANAN DINAMIS PADA PENGEREMAN SISTEM HIDROLIK SEPEDA MOTOR
Main Author: | Sukarna, Rian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.itn.ac.id/4279/1/Bagian%20Awal.pdf http://eprints.itn.ac.id/4279/2/BAB%20I.pdf http://eprints.itn.ac.id/4279/3/BAB%20I.pdf http://eprints.itn.ac.id/4279/4/BAB%20II.pdf http://eprints.itn.ac.id/4279/5/BAB%20III.pdf http://eprints.itn.ac.id/4279/6/BAB%20IV.pdf http://eprints.itn.ac.id/4279/7/BAB%20V.pdf http://eprints.itn.ac.id/4279/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.itn.ac.id/4279/9/LAMPIRAN.pdf http://eprints.itn.ac.id/4279/ |
Daftar Isi:
- Sepeda motor merupakan kendaraan yang menggunakan pengereman dengan sistem hidrolik, sistem hidrolik dengan cara kerja menekan pijakan pada pedal rem oleh pengemudi di teruskan secara mekanik ke master silinder, sehingga cairan yang berada pada master silinder tertekan dan meneruskannya ke caliper sehingga piston menjepit ckram roda. Prinsip dari peralatan hidrolik memanfaatkan konsep tekanan, yaitu tekanan yang diberikan pada salah satu silinder akan diteruskan ke silinder yang lain, sesuai dengan hukum Pascal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besaran gaya yang terjadi pada rem cakram untuk kendaraan roda empat dengan analisis perhitungan dari komponen rem dengan pembebanan 7kgf, 7,5kgf, 8kgf. Besar diameter master silinder 1,58 cm, Yang berfungsi untuk mengubah gerak pedal rem kedalam tekanan hidrolik, Diameter silinder cakram 2,20 cm dan perbandingan menunjukan semakin besar gaya tekan pengereman maka gaya gesekan akan semakin besar.Semakin cepat putaran dan semakin besar gaya tekan pengereman maka umur pemakain kampas rem akan semakin cepat