ANALISA BULLWHIP EFFECT DALAM MANAJEMEN RANTAI PASOK PADA PRODUK SPRINGBED DI RITEL ARDHIE PUTRA FURNITURE
Main Author: | Bestariani, Rachmatia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.itn.ac.id/4089/1/Bagian%20Awal.pdf http://eprints.itn.ac.id/4089/2/BAB%20I.pdf http://eprints.itn.ac.id/4089/3/BAB%20II.pdf http://eprints.itn.ac.id/4089/4/BAB%20III.pdf http://eprints.itn.ac.id/4089/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.itn.ac.id/4089/6/BAB%20V.pdf http://eprints.itn.ac.id/4089/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.itn.ac.id/4089/8/JURNAL.pdf http://eprints.itn.ac.id/4089/ |
Daftar Isi:
- Ritel Ardhie Putra Furniture menjual berbagai macam produk rumah tangga terutama springbed dengan berbagai merek seperti Kyodo, Bigland, Central, American, Elite dan Indohome. Permasalahan yang terjadi pada Ritel Ardhie Putra Furniture adalah terjadinya distorsi informasi pada data order ke distributor dan data penjualan ke konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar nilai tertinggi bullwhip effect yang terjadi dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mengakibatkan bullwhip effect. Selanjutnya membuat usulan guna mengatasi kondisi bullwhip effect yang terjadi pada ritel Ardhie Putra Furniture. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai bullwhip effect tertinggi pada setiap produk springbed yaitu Kyodo (1,2736), Bigland (1,3287), Central (5,1863), American (2,0942), Elite (2,8507), Indohome (1,7119). Hasil analisis faktor penyebab bullwhip effecti meliputi demand fluctuation, order batching dan price fluctuation. Serta usulan perbaikan guna mengatasi bullwhip effect adalah pengurangan lead time, menciptakan stabilitas harga, information sharing.