Daftar Isi:
  • Fotogrametri jarak dekat adalah fotogrametri yang diterapkan pada objek di atas permukaan bumi dengan menggunakan jarak tertentu dari objek tersebut ke kamera seperti hal nya Depth camera Kinect XBOX 360 yang mampu memproyeksikan bentuk sebuah objek. Namun dalam fotogrametri jarak dekat terdapat kelemahan seperti hal nya intensitas cahaya yang menciptakan gelombang cahaya sehingga dapat mempengaruhi optic pada alat yang digunakan pada saat proses perekaman. Metode fotogrametri jarak dekat adalah metode yang memiliki proses yang cukup sederhana, mudah dan harganya relative terjangkau. Dalam proses perekaman tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Namun hal yang mempengaruhi perekaman adalah pencahayaan pada saat perekaman yang menggangu geometri dan radiometri pada saat pembentukan model 3D (tiga dimensi), dan hal inilah yang harus diperhatikan pada saat perekaman objek Dari proses perekaman didapatkan analisis seperti perbedaan nilai RMSE tiap intensitas cahaya yang tidak terlalu jauh dan masih masuk toleransi maksimal 1mm, perbedaan jarak anatar titik yang dimana intensitas 400-800 lux dan 800-1200 lux mempunyai jarak yang hamper mendekati jarak sesungguhnya pada objek, dan perbedaan warna RGB tiap intensitas cahaya yang memeiliki selisih warna kecil hanya pada warna yang dominan dari titik-titik validasi untuk RGB.