RANCANG BANGUN GAME “JACK THE GIANT KILLER” MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE DAN FUZZY LOGIC

Main Author: KUSUMAWARDANI, FEGI AMANDA DWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.itn.ac.id/3319/1/%289%29%20ISI%20LAPORAN%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.itn.ac.id/3319/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Banyaknya peminat game menimbulkan beraneka ragam cerita yang disajikan di dalam game. Ide cerita pada sebuah game dapat diangkat dari kehidupan nyata, olah raga, maupun cerita rakyat atau cerita dongeng. Seperti cerita dongeng “Jack and the Beanstalk” yang bercerita tentang pertualangan Jack dalam mengalahkan raksasa. Penyajian cerita kedalam sebuah game akan lebih menarik dibandingkan cerita yang hanya disajikan dalam bentuk tulisan pada sebuah buku. Game akan menyajikan cerita ke dalam bentuk visual yang menarik dengan tambahan musik, selain itu pengguna juga dapat berinteraksi dengan device ataupun pengguna lain. Dalam sebuah game terdapat karakter non-player yang akan berperan sebagai salah satu rintangan yang harus dihadapi oleh player. Perilaku karakter non-player dapat dibuat layaknya manusia atau hewan dengan menambahkan kecerdasan buatan di dalamnya. Salah satunya adalah metode Finite State Machine dan metode Fuzzy Logic. Metode Finite State Machine memiliki kesederhanaan dalam proses komputasi serta kemudahan dalam proses implementasinya akan memberikan respon perubahan perilaku berdasarkan kondisi yang terpenuhi. Sedangkan, metode Fuzzy Logic akan mengatur perilaku musuh berdasarkan nilai input yang dapat bernilai benar atau salah secara bersamaan. Game dikembangkan dengan menggunakan Unity 5.3.1 dan Adobe PhotoshopCS6 sebagai game engine dan karakter desain. Pengujian metode Finite State Machine dan Fuzzy Logic didapat hasil yang sesuai seperti musuh dapat bergerak dengan otomatis sesuai kecerdasan yang diterapkan pada karakter. Terdapat perbedaan hasil output pada perhitungan Fuzzy Logic antara game dan Matlab sebesar 2.4132%. Pada pengujian fungsional dari 35 aspek didapat semua fungsi berjalan dengan baik. Kata kunci : Fuzzy Logic, Finite State Machine, Game.