“RANCANG BANGUN DAN PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME COWBOYS FROM NOWHERE”

Main Author: Alfanur, Akhmad Jawasiq
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.itn.ac.id/3131/1/Laporan%20Skripsi%201418080%20-%20New.pdf
http://eprints.itn.ac.id/3131/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Game merupakan salah satu hiburan yang sangat digemari oleh semua kalangan baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Game dikembangkan dalam berbagai jenis salah satu yang paling populer adalah permainan petualangan, dimana permainan petualangan memiliki jalan cerita yang bermacam-macam, dan juga pada permainan petualangan selalu membuat para pemainnya penasaran akan akhir cerita dari game petualangan tersebut. Game adventure Cowboys Form Nowhere merupakan permainan petualangan dimana pemain akan menjalankan karakter cowboy yang harus menyelamatkan bumi dari kehancuran yang ingin dikuasai oleh alien jahat dan juga para pengikutnya. Dalam game ini menggunakan game engine Unity3D, dengan menerapkan kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine). FSM (Finite State Machine) digunakan pada karakter NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter Enemy dan Boss yang menggunakan tiga hal yaitu : Keadaan, Kejadian, dan Aksi. Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game Adventure “Cowboys From Nowhere” ini karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukan aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian yang dilakukan pada 10 orang yang berbeda maka mendapatkan hasil sebagai berikut, 2 orang menyatakan cukup, 6 orang menyatakan baik, 2 orang menyatakan baik sekali.. Kata kunci : game adventure, Cowboys From Nowhere, finite state machine, Unity3D