PENGEMBANGAN KOTA MALANG MENJADI KOTA MICE
Main Authors: | Simpenti, Rindi, Santosa, Endratno Budi, Soewarni, Ida |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
ITN Malang
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.itn.ac.id/2824/1/705-61-1173-1-10-20170710.pdf http://eprints.itn.ac.id/2824/ |
Daftar Isi:
- Kota Malang sudah dikenal sejak lama dengan daya tarik wisatanya. Seiring dengan banyaknya pihak yang ingin berlibur, dengan memanfaatkan skema pertemuan,rapat dan kegiatan sejenis, maka memunculkan pertanyaan: Apakah Kota Malang cukup layak untuk dikembangkan menjadi Kota MICE ini, dan strategi apakah yang memungkinkan untuk membuat Kota Malang menjadi kota wisata MICE, yang memuaskan bagi para calon pengunjungnya. Penelitian ,menggunakan filsafat positivistik, dengan pendekatan deduktif, dan sifat penelitian adalah kualitatif. Metode penelitian menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif untuk merincikan aspek-aspek MICE, dilanjutkan dengan teknik delphi untuk mengetahui tigkat kepentingan faktornya, dan selanjutnya analisis IFAS/ EFAS untuk merumuskan strategi yang diperlukan. Observasi lokasi, kuisioner teknik delphi dan survey sekunder merupakan cara pencarian data yang dilakukan. Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek Incentive merupakan keunggulan utama dari evaluasi aspek MICE, sementara aspek Exhibition justru menjadi factor terlemah. Berdasarkan analisis IFAS/ EFAS bisa diketahui bahwa posisi Kota Malang ada pada Kuadran I (pilihan strategi agresif).