RANCANG BANGUN MOTOR INDUKSI 3 FASA DENGAN 2 KECEPATAN

Main Author: Karyanto, Awang Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.itn.ac.id/2785/1/LAPORAN%20TA%20RANCANG%20BANGUN%20MOTOR%20INDUKSI%203%20FASA%20DENGAN%202%20KECEPATAN.pdf
http://eprints.itn.ac.id/2785/
Daftar Isi:
  • “RANCANG BANGUN MOTOR INDUKSI 3 FASA DENGAN 2 KECEPATAN” (Awang Dwi Karyanto 1652008 Teknik Listrik DIII) (Dosen Pembimbing 1 : Ir. M. Abdul Hamid, MT) (Dosen Pembimbing 2 : Rachmadi Setiawan,ST, MT) ABSTRAK Pertumbuhan tenaga kelistrikan tidak terlepas dari perkembangan yang terjadi pada perangkat-perangkat bahannya yang menyebabkan dunia industri sebagai salah satu objek yang banyak merasakan dampaknya dapat meningkatkan effisiensi produksinya agar mampu melayani tuntutan masyarakat yang semakin meningkat. Perangkat kelistrikan yang sering dijumpai di semua industri adalah mesin-mesin listrik jenis motor. Mengingat fungsinya yang sangat vital sebagai penggerak mula yang konsekuensinya dapat mampu melayani beban yang bervariasi. Banyak kejadian terjadinya motor listrik terbakar karena terjadinya beban lebih (over load), pengaman motor yang tidak bekerja dengan baik dan faktor Human Eror. Motor yang terbakar biasanya bagi masyarakat yang tidak mengerti cara memperbaikinya yang dilakukan adalah menjual motor tersebut dengan harga yang murah. Kumparan kawat email yang digunakan berdiameter 0,4mm. Data motor pada name plate adalah motor induksi 3 fasa hanya dengan 1 kecepatan dalam kondisi rusak / terbakar berkapasitas 1,5 kW / 2 HP, cos ρ 0,82 frekuensi 50 Hz, tegangan 220/380 V, dengan kecepatan 1410. Hasil pengujian motor setelah digulung ulang / rewinding motor dapat bekerja pada tegangan 220/380 V, arus nominal motor 0,9 / 1,2 frekuensi 50Hz, dan kecepatan motor 1501 rpm dan 3004 rpm. Selisih data tersebut dikarenakan luas penampang yang berbeda dan desain bentangan kawat yang berbeda. Kata Kunci :Motor Induksi, Rotor Sangkar, Kumparan, Desain Bentangan Kawat