PENGEMBANGAN GAME “THE LAST SAMURAI” DENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM DAN FUZZY LOGIC MAMDANI

Main Author: Lie, Ari Lieanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.itn.ac.id/2712/1/Laporan%20Skripsi.pdf
http://eprints.itn.ac.id/2712/
Daftar Isi:
  • PENGEMBANGAN GAME “THE LAST SAMURAI” DENGAN MENGGUNAKAN METODE FSM DAN FUZZY LOGIC MAMDANI Ari Lieanto Lie (1318058) Program Studi Teknik Informatika S-1 Fakultas Teknologi Industri Jl. Raya Karanglo Km. 2 Tasikmadu, Malang aripurwanto1995@gmail.com Dosen Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sentot Achmadi, M.Si 2. Febriana Santi W, S.Kom.M.Kom ABSTRAK Salah satu jenis game yang digemari oleh masyarakat saat ini adalah game ber-genre Adventure. Jenis game ini yang memiliki alur cerita dalam permainannya. Perangkat lunak aplikasi yang digunakan dalam pembuatan permainan ini adalah Blender v2.79 sebagai perancangan disain asset 3D, beserta Unity 3D v5.3.2 sebagai perancangan dari game yang akan dibuat . Unity 3D dapat digunakan untuk membuat sebuah game dan nantinya dapat dijalankan pada perangkat komputer, ponsel pintar android, iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX. Sedangkan Blender v2.79 merupkan perangkat lunak yang dipergunakan untuk membuat animasi 3D. Dengan Blender v2.79, permainan yang dibuat dapat dilengkapi dengan beberapa macam visual karakter 3D, audio, interaktif animasi, dan lain-lain. Kebutuhan sistem yang diperlukan untuk menjalankan permainan ini adalah sistem operasi Windows 8.1, Blender v2.79 yang sudah terpasang pada laptop/komputer pengguna. Game ini juga memanfaatkan kecerdasan buatan dengan mendesain finite state machine pada musuh biasa, sedangkan untuk bos menggunakan fuzzy logic. NPC bertugas untuk “berjaga”, “mendekat”, “mengganggu” dan “kabur” dari pemain. Perancangan strategi gerak NPC menggunakan Finite State Machine dan logika Fuzzy Mamdani digunakan untuk menentukan respon NPC terhadap kondisi tertentu. Dengan cara membandingkan perhitungan manual dan perilaku yang dihasilkan pada game, dan menggunakan nilai masukan variable kesehatan NPC dan jarak NPC terhadap pemain yang bervariatif menunjukan hasil yang sama atau berjalan sesuai rancangan. Dari pengujian yang telah dilakukan, hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada gane adventure “The Last Samurai” ini. Karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukan aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian, presentase yang dicapai yakitu 100 % berhasil. Kata kunci : Finite State Machine, Fuzzy, NPC, game Adventure, kecerdasan buatan, Unity 3D.