STUDI EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL JALAN RANU GRATI – JALAN DANAU TOBA KOTA MALANG

Main Author: Constanti, Nella
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.itn.ac.id/2018/1/isi%20skripsi.pdf
http://eprints.itn.ac.id/2018/
Daftar Isi:
  • Kebutuhan transportasi akan terus meningkat dengan berkembangnya daerah perkotaan. Jika kebutuhan sarana transportasi tidak diimbangin dengan prasarana (jaringan jalan) maka timbul masalah transportasi. Kondisi ini terjadi pada ruas Jl. Ranu Grati – Jl. Danau Toba Kota Malang, dimana jumlah volume tidak seimbang dengan kapasitas jalan dan persimpangan sehingga timbulnya penumpukan arus lalu lintas serta membuat antrian sangat panjang sehingga menyebabkan kemacetan pada jam sibuk dan terjadinya tundaan dan antrian panjang. Tujuan dari studi adalah untuk mencari alternatif pemecahan masalah yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Untuk menunjang studi ini di perlukan sampel volume lalu lintas, antrian dan tundaan dengan survey lapangan pada kondisi eksisting yang di laksanakan pada 3 hari di mulai pada hari senin, 13 Februari 2017, Rabu, 15 Februari 2017, dan Sabtu, 18 Februari 2017. Metode evaluasi ini menggukan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan menggunakan Peraturan Menteri Perhubungan 96 Tahun 2015. Hasil survey diperoleh total arus volume tertinggi terjadi pada kondisi eksisting pada Jl. Ranu Grati (Pendekat Barat) hari Senin, 13 Februari 2017 yaitu sebesar kapasitas 1438.59 smp/jam, derajarat kejenuhan (DS) 1.18, panjang antrian 605.63 m, tundaan 361.74 det/smp dan tingkat pelayanan F. Dari ketiga alternatif yang dikaji, didapatkan altenatif yang memenuhi syarat adalah alternatif 3, sehingga alternatif 3 yang bisa mengatasi permasalahan lalu lintas di lokasi dengan optimasi waktu siklus & perencanaan pelebaran geometrik, Wmasuk selebar 1.5 m sepanjang 200 m pada pendekat barat dan Wmasuk selebar 2 m sepanjang 10 m pada pendekat selatan serta belok kiri secara langsung. Sehingga dapat mengurangi nilai kapasitas sebesar 2117.93 derajat kejenuhan 0.80, panjang antrian 91.21 m dan tundaan 12.38 kend/det dalam kategori tingkat pelayanan B. Kata Kunci : karakteristik simpang, kinerja simpang, tundaan, antrian.