game petualangan "the stranded" dengan metode finite state machine

Main Author: kresna, bayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.itn.ac.id/1355/1/LAPORAN%20SKRIPSI_BAYU_KRESNA_1518073.pdf
http://eprints.itn.ac.id/1355/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Game sering kali dituduh memberikan pengaruh negatif terhadap anak. Faktanya, Game mempunyai fungsi dan manfaat positif bagi anak, di antaranya, anak mengenal teknologi komputer, pelajaran untuk mengikuti pengarahan dan aturan, latihan memecahkan masalah dan logika.Penelitian ini bertujuan membuat sebuah game adventure yang ada edukasi di dalam nya. Adapun metodelogi yang digunakan adalah metode Finite State Machine (FSM), yaitu sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Sebagai sebuah metodologi perancangan sistem control. Metode FSM dapat diterapkan untuk nilai-nilai batas perpindahan yang pasti dan sangat mudah diterapkan pada game Adventure “The Stranded”. Game ini berbasis desktop genre petualangan dengan sub-genre simulasi dengan menggunakan grafis 2 dimensi. Pengembangan game ini menggunakan application Unity3D dan menggunakan bahasa pemrograman C#(Sharp). Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game Adventure “The Stranded” ini karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukan aksi serangan dari musuh tanpa melibatkan pengguna game, dari hasil pengujian persentase yang di capai yaitu 100 % berhasil. Kata kunci : game, Adventure The Stranded, FSM