APLIKASI PENGENALAN RUMAH ADAT INDONESIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY
Main Author: | Wahidin, Rimba |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.itn.ac.id/1317/1/LAPORAN%20Skripsi%20Rimba%20Wahidin.pdf http://eprints.itn.ac.id/1317/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Untuk saat ini pengenalan rumah adat Indonesia masih menggunakan buku atau objek 2 dimensi dan dianggap kurang efektif. karna hanya dapat melihat objek dari satu sisi saja.dengan adanya penggabungan antara suara, teks dan objek 3D rumah adat dapat menimbulkan sisi ketertarikan sehingga informasi dapat lebih tersampaikan lebih baik. Perangkat lunak ini di jalankan di smartphone android menggunakan Augmented Reality (AR) dimana informasi tentang rumah adat itu sendiri akan di tampilkan kepada user secara realtime dengan cara membaca marker yang telah disediakan dan akan menampilkan rumah adat dalam bentuk 3 dimensi. Adanya faktor-faktor dari luar aplikasi seperti jarak, sudut marker saat di baca aplikasi dapat mempengaruhi saat aplikasi akan mempilkan objek rumah adat. Pada akhirnya interaksi antara user dan objek 3D menjadi terbatasi. . Kata kunci : Augmented Reality, Rumah Adat Indonesia, 3 Dimensi, Android