PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME WAR OF ASTRAGHOUL

Main Author: Saputra, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.itn.ac.id/1246/1/Dwi%20Saputra%201518065.pdf
http://eprints.itn.ac.id/1246/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Game merupakan produk dari teknologi informasi dan digital yang cukup diminati oleh semua kalangan, game terbagi dalam bentuk 2D dan 3D. Tujuan dibuatnya game adalah sebagai media hiburan, seiring perkembangan teknologi game dapat digunakan sebagai media pembelajaran atau edukasi. Game Realtime strategy merupakan genre game yang memadukan strategi pertempuran dan pengumpulan sumber daya, game dengan genre ini cenderung menekankan kemampuan berfikir pemain dalam mengambil keputusan dan menganalisa situasi yang ada pada game. Game War of Astraghoul pada penelitian ini adalah game dengan genre Real-Time Strategy, dirancang menggunakan Unity Engine 2017 dan menggunakan metode Finite State Machine (FSM) sebagai Artificial Inteligence (AI) atau kecerdasan buatan yang diterapkan pada karakter player dan enemy. Finite State Machine adalah metodologi perancangan perilaku sistem yang didasari oleh tiga hal : state (keadaan), event (kejadian), dan action (aksi). Metode Finite State Machine diterapkan untuk decision making atau pengambilan keputusan pada Non-playable character pada player dan enemy. Berdasarkan pengujian perilaku AI pada Non-playable character (NPC) dapat berjalan dengan baik berdasarkan perpindahan setiap kondisi seperti walk (berjalan), attack (serangan normal), special attack (serangan spesial) dan die (mati) yang dipengaruhi oleh jarak, darah, serangan dan jumlah serangan pada Non-playable character, dimana Non-playable character dapat mendeteksi keberadaan player atau enemy. Kata kunci : Game, Finite State Machine, Real-Time Strategy