ANALISIS PENGARUH KEPADATAN PENDUDUK TERHADAP KEPADATAN RUAS JALAN DI KOTA MALANG MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Studi Kasus: Kec. Klojen, Kota Malang)

Main Author: Prabowo, Fristanto Rizky
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.itn.ac.id/1240/1/combinepdf%2858%29.pdf
http://eprints.itn.ac.id/1240/
Daftar Isi:
  • Kemacetan adalah kondisi dimana arus lalu lintas yang lewat pada ruas jalan yang ditinjau melebihi kapasitas rencana jalan tersebut yang mengakibatkan kecepatan bebas ruas jalan tersebut mendekati atau melebihi 0 km/jam sehingga menyebabkan terjadinya antrian. Pada saat terjadinya kemacetan, nilai derajat kejenuhan pada ruas jalan akan ditinjau dimana kemacetan akan terjadi bila nilai derajat kejenuhan mencapai lebih dari 0,5 (MKJI, 1997).. Untuk membantu proses analisa menggunakan softwarre statistika dan untuk pemetaan menggunakan software SIG. Nilai kepadatan jalan dihitung dengan menggunakan acauan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI,1997). Untuk memperoleh nilai kapasitas (C) dan nilai derajat kejenuhan (DS) berdasarkan Permenhub No. 14 Tahun 2006, nilai derajat kejenuhan tersebut dibagi menjadi 4 kriteria. Hasil dari penelitian menyatakan kondisi kapasitas beberapa ruas jalan di Kecamatan Klojen masih dapat menampung arus lalu lintas dan beberapa ruas jalan lainnya tidak mempunyai kapasitas yang besar sehingga nilai derajat kejenuhan ruas jalan tersebut tinggi. Berdasarkan analisa, kepadatan penduduk mempengaruhi kepadatan jalan sebesar 75,8% dan 20,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan data atribut yang disusun, maka dapat dibuat peta Kepadatan Jalan, Peta Lalu Lintas Harian Rata-Rata, dan Peta Kapasitas Jalan. Kata kunci : Kepadatan ruas jalan, Kepadatan penduduk, Manual Kapasitas Jalan Indonesia. SIG.