MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM MATA PELAJARAN TDO SMKN 2 PALEMBANG
Main Authors: | Utami, Regita Tri, Harlin, Harlin, Syofii, Imam |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/view/6692 https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/view/6692/3452 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini menggunakan quantum untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran TDO di SMK Negeri 2 Palembang. Penelitian dilakukan sebanyak enam tahap yang disingkat menjadi TANDUR yaitu tanamkan, alami, namai, demontrasi, usaha, dan rayakan. Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini bahwa penggunaan quantum dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Tingkat keaktifan siswa pada siklus I sebesar 39%, siklus II sebesar 59%, siklus III sebesar 76%. Peningkatan hasil belajar dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang mengalami peningkatan tiap siklus dimulai dari T0 29% dengan rata-rata 60,55 , T1 mencapai 60% dengan rata-rata 74, T2 mencapai 81% dengan rata-rata 78,6, dan pada siklus III mencapai 87% dengan rata-rata 83,12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan quantum dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.