PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK SISWA DI SMK NEGERI 1 INDRALAYA UTARA

Main Authors: Bahrun, Bahrun, Syofii, Imam, Darlius, Darlius
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS SRIWIJAYA , 2018
Online Access: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/view/5323
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/view/5323/2868
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/view/5323/2869
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/ptm/article/view/5323/2870
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif di SMK Negeri 1 Indralaya Utara melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada kompetensi menerapkan alat ukur mekanik dan fungsinya. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TO 2 SMK Negeri 1 Indralaya Utara tahun pelajaran 2017/2018 berjumlah 24 orang, dengan pokok bahasan vernier caliver, micrometer dan dial indicator. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dan setiap satuan siklus terdiri dari serangkaian kegiatan meliputi; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan data yang diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebelum diberikan tindakan (T0) sebesar 45,83% dengan nilai rata-rata kelas 71,67. Selanjutnya setelah diberi tindakan pada siklus I (T1) sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata kelas 76,67, pada siklus II (T2) sebesar 79,19% dengan nilai rata-rata kelas 81,25, pada siklus III (T3) sebesar 87,50% dengan nilai rata-rata kelas 90,83 sehingga menunjukan T3> T2> T1>T0. Keaktifan belajar mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 46,47%, pada siklus II sebesar 50,88% dan pada siklus III sebesar 59,94% ini menunjukan keaktifan siswa termasuk kategori cukup aktif. Kata kunci: Model Pembelajaran STAD, Aktivitas dan Hasil Belajar