Karakteristik Tes Keterampilan Berpikir Kritis Berdasarkan Teori Respon Butir

Main Authors: Rosidah, Nenden Annisa, Ramalis, Taufiq Ramlan, Suyana, Iyon
Format: Article info application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2018
Subjects:
Online Access: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/4552
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/4552/3135
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui konstruksi tes keterampilan berpikir kritis dan karakteristiknya berdasarkan teori respon butir. Tes disusun berdasarkan konsep dasar suhu dan kalor berupa 8 butir tes uraian open-ended yang mengacu pada 3 dari 6 aspek keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode campuran (mixed methods) dengan desain concurrent embedded dengan metode kuantitatif sebagai metode primer. Analisis data dalam penelitian ini didasarkan pada respons 108 siswa yang telah mendapatkan pembelajaran tentang suhu dan kalor kelas X SMA di Tasikmalaya dan Bandung. Hasil analisis dari kurva karakteristik tes menunjukkan bahwa indeks kesukaran () terentang antara -1,49 sampai 1,34 dengan indeks kesukaran yang berbeda pada tiap kategorinya. Perpotongan antara total fungsi informasi dan SEM (Standard error measurement) berada  pada rentang -1,70 sampai 1,20. Hal ini berarti, keseluruhan tes ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dari tingkat kemampuan rendah (di bawah rata-rata) sampai kemampuan tinggi (di atas rata-rata).