PROFIL KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK LURUS PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 2 SEMARANG
Main Author: | Silamon, Muhammad Alfan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Sriwijaya
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/10925 https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/10925/pdf |
Daftar Isi:
- Keterampilan memecahkan masalah adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap seberapa jauh siswa terampil dalam menyelesaikan masalah fisika pada pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2019-2020 sebanyak 64 siswa. Data penelitian diambil melalui tes tertulis berupa soal hitungan fisika pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus. Hasil analisa keterampilan memecahkan masalah menggunakan model Poyla terbagi dalam 4 tahap. Pada tahap 1, yaitu mengenali masalah, dengan hasil 53,48% termasuk dalam kategori kurang. Pada tahap 2, yaitu merencanakan strategi memperoleh hasil 52,65% termasuk dalam kategori kurang. Pada tahap 3, yaitu menerapkan strategi memperoleh hasil 51,44% termasuk dalam kategori kurang. Pada tahap 4, yaitu mengevaluasi solusi memperoleh hasil 51,60% termasuk dalam kategori kurang. Hasil akhir diperoleh dengan menghitung rata-rata dari ke 4 tahap tersebut, dan diperoleh hasil sebesar 52,29%. Maka, dapat disimpulkan bahwa keterampilan memecahkan masalah fisika pokok bahasan kinematika gerak lurus pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2019-2020 termasuk dalam kategori kurang.