PEMANFAATAN BUKTI-BUKTI TRANSAKSI RUMAH TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH MANAJEMEN KEUANGAN DAN PRAKTEK AKUNTANSI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
Main Authors: | Hodsay, Zahruddin, Yuniarti, Septi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FKIP Universitas Sriwijaya
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5585 https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5585/3021 |
Daftar Isi:
- Abstract : This reseacrh entitled “the use of invoice household transaction as financial management instructional media in accounting education study program, faculty of teacher training and education, PGRI University of Palembang” which aims to find out the effect of invoice household transaction as instructional media to improve the students learning outcomes for financial management subjects and accounting practice. The output of this research skim were teaching materials or national proceedings. The design of this study was an experimental research. The population concist of all of the fifth semester of financial management students (59 persons) and all of the seventh semester of accounting practice students (79 persons). By using clustered random sampling technique, the fifth class A and the seventh class A were chosen to be the experimental class. While, the fifth class B and the seventh class B were chosen to be the control class. Data was collected by way of documentation and test. Data analysis used t test, through prerequisite test with normality test and homogeinity test used SPPS 21. The result showed that there was a significant effect of the use invoice household transaction as instructional media for financial management students learning outcome (Sig. (2-tailed) 0,001< 0,05). There was also similiar result with the use invoice household transaction as instructional media for accounting practice student learning outcome (Sig. (2-tailed) and Z. Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, Z value 4.783 > 1,96 ).Abstrak : Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Bukti-Bukti Transaksi Rumah Tangga Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Keuangan dan Praktek Akuntansi pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan bukti-bukti transaksi rumah tangga sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar mata kuliah manajemen keuangan dan praktek akuntansi. Luaran yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah bahan ajar, publikasi ilmiah pada jurnal nasional atau dimuat dalam prosiding seminar nasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah manajemen keuangan pada semester 5 yaitu 59 orang dan seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah praktek akuntansi pada semester 7 yaitu 79 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5A dan 7A sebagai kelas eksprimen dan mahasiswa kelas 5B dan 7B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 119 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t, melalui uji prasyarat terlebih dahulu berupa uji normalitas data dan homogenitas data dengan menggunakan SPSS version 21. Berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) menunjukkan bahwa 0,001 < 0,05, maka hasil uji signifikan secara statistik menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh pemanfaatan bukti-bukti transaksi rumah tangga sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata kuliah manajemen keuangan. Berdasarkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) dan nilai Z. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, nilai Z sebesar -4.783 > 1,96. Maka dari hasil uji signifikan secara statistik, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh pemanfaatan bukti-bukti transaksi rumah tangga sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata kuliah praktek akuntansi.