KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN LABORATORIUM MINI UNTUK MATERI JAJARGENJANG DI KELAS IV SDN BANCARAN 1

Main Author: Nurtamam, Mohammad Edy; Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Trunojoyo Madura
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2017
Subjects:
sd
Online Access: http://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/view/2595
http://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/view/2595/2157
Daftar Isi:
  • Salah satu persoalan dalam pembelajaran matematika yang terjadi di sekolah adalah masih rendahnya daya serap siswa terhadap pelajaran matematika. Sehingga guru perlu mengupayakan alternatif pembelajaran matematika yang lebih variatif. Diantara variasi pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran langsung dengan laboratorium mini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran langsung dengan laboratorium mini.Berdasarkan hasil analisis deskriptif disimpulkan bahwa pembelajaran langsung dengan laboratorium mini efektif untuk mengajarkan materi jajargenjang. Simpulan ini didasari oleh beberapa hal yaitu: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran dikategorikan baik, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran aktif, (3) respon siswa terhadap pembelajaran positif, dan (4) ketuntasan belajar secara klasikal tercapai