STRATEGI PENINGKATAN VOLUME PRODUKSI SELADA ROMAINE (LACTUCA SATIVA VAR. LONGIFOLIA) DALAM MEMENUHI PERMINTAAN RITEL MODERN (Studi Kasus di InaGreen Farm, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat)
Main Authors: | Putri, Sakina I., Kusno, Kuswarini |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Departemen Sosial Ekonomi Faperta Unpad
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.unpad.ac.id/agricore/article/view/22708 http://jurnal.unpad.ac.id/agricore/article/view/22708/pdf |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDengan kemajuan perekonomian, peningkatan pendapatan, dan kesadaran masyarakat untukkesehatan dan lingkungan menyebabkan permintaan produk sayuran organik semakin meningkat.InaGreen Farm adalah salah satu perusahaan hortikultura yang bergerak sebagai produsen danpemasok sayuran organik ke ritel modern Kota Bandung. Perusahaan tersebut menerapkan kegiatanon-farm mulai dari proses pembibitan hingga panen, dan kegiatan off-farm yakni sortasi,pengemasan hingga distribusi. Namun setiap bulannya, InaGreen Farm tidak dapat memenuhipermintaan ritel modern tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal daneksternal yang menjadi penyebabnya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dataprimer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara lima informan (pemilik, dua kepaladivisi, tiga kepala bagian) dan observasi langsung, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi,pustaka, internet, media massa. Analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama InaGreen Farm adalah pencatatan dan perencanaanusahatani secara teratur; dan kelemahan utamanya adalah atap greenhouse mengalami kerusakan.Sedangkan peluang utama perusahaan adalah pemanfaatan teknologi informasi dan ancamanutamanya adalah hama penyakit yang terus berkembang. Selanjutnya, penelitian ini menghasilkansembilan alternatif strategi peningkatan volume produksi selada romaine.Kata kunci: selada romaine, manajemen strategi, manajemen produksiABSTRACTThe advancement of the economy, increased revenue, and public awareness for health and theenvironment led to product demand growing organic vegetables. One of the horticultural enterprisesengaged as a manufacturer and supplier of organic vegetables to modern retail Bandung isInaGreen Farm. InaGreen Farm apply on-farm activites of the seedlings to harvest, off-farmactivites such as sorting to packaging. However, InaGreen Farm still can’t fulfil modern retail’sdemands. This study aims to identify internal and external factors that influenced the situation. Datawas analysed by using SWOT analysis. The results showed that the main strength InaGreen Farmwas the recording and planning the farm on a regular basis; and its weakness is the green houseroof was damaged. While the main opportunities the company was the use of information technologyand its main threats were constantly evolving pests. The result of this research also produced ninealternative strategies for the company in order to improve their condition.Keywords: romaine lettuce, strategy management, prodcution management