Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik

Main Authors: Siregar, Rama Nida, Mujib, Abdul, Siregar, Hasratuddin, Karnasih, Ida
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Muhammadiyah Enrekang , 2020
Online Access: https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/338
https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/338/168
Daftar Isi:
  • Penelitian  ini dilatarbelakangi oleh masalah,  masih  rendahnya  tingkat  kemampuan berpikir kreatif siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah pendekatan  matematika realistik.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif  siswa  dengan  pendekatan  matematika realistik  dalam pembelajaran matematika,  serta  mengetahui  respon  siswa  terhadap  pembelajaran matematika dengan penggunaan pendekatan matematika realistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan  desain  penelitian  Control  group pretes-postes. Penelitian dilaksanakan di SMP Swasta Al-Ulum Medan. Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  seluruh  siswa  kelas  VII SMP Swasta Al-Ulum Medan.  Sampel  dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen  dan  kelas  VII 5  sebagai kelas kontrol yang dipilih secara  random  kelas.  Kelas  eksperimen  diberikan  perlakuan dengan pendekatan matematika realistik dan kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran konvensional. Adapun instrumen yang digunakan adalah berupa tes berpikir kreatif untuk melihat kemampuan berpikir kreatif yang  telah  diujicobakan  dan  angket  untuk  melihat respon siswa. Dalam penelitian ini diperoleh data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis statistik uji t untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir  kreatif  siswa  dengan  pendekatan  matematika realistik dalam pembelajaran  matematika.  Data  kualitatif  dianalisis  menggunakan  skala  sikap  Likert  untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan penggunaan pendekatan matematika realistik. Berdasarkan analisis hasil tes berpikir kreatif diperoleh kesimpulan yaitu terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pendekatan matematika realistik.