PENGARUH KEMAMPUAN PERSONAL DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN KOPERASI DAN PENANAMAN MODAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN IJIN BADAN HUKUM KOPERASI DI SUKABUMI
Main Author: | Laksana, Fajar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STMIK Sumedang
, 2010
|
Online Access: |
http://ejournal.stmik-sumedang.ac.id/index.php/infomans/article/view/147 http://ejournal.stmik-sumedang.ac.id/index.php/infomans/article/view/147/70 |
Daftar Isi:
- Masalah yang ditanyakan dalam penelitian ini yaitu : 1).Bagaimanakah pengaruh sikap pegawai (employee attitudes) terhadap kualitas pelayanan penerbitan ijin koperasi di Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal Sukabumi ? 2).Bagaimanakah pengaruh perilaku pegawai (employee behavior) terhadap kualitas pelayanan penerbitan ijin pendirian koperasi di Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal Sukabumi ?. 3).Bagaimanakah pengaruh keahlian pegawai (employee expertise) terhadap kualitas pelayanan penerbitan ijin koperasi di Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal Sukabumi ?. Dari masalah tersebut kemudian dirumuskan hipotesis yaitu ; 1). Terdapat pengaruh yang signifikan dari sikap pegawai terhadap kualitas pelayanan pemberian ijin koperasi .2).Terdapat pengaruh yang signifikan dari perilaku pegawai terhadap kualitas pelayanan pemberian ijin koperasi. 3).Terdapat pengaruh yang signifikan dari keahlian pegawai terhadap kualitas pelayanan pemberian ijin koperasi. Untuk menjawan masalah dan menguji hipotesis penelitian maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode survei, dan populasinya yaitu masyarakat yang mengajukan ijin badan hokum koperasi sebanyak 40 orang, karena sangat kecil populasinya kurang dari 100, maka tidak diambil sample. Dan semua populasi sebagai responden penelitian kemudian di survei untuk dapat menjawab masalah penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasilnya yaitu ; 1). Terbukti bahwa Sikap Pegawai (Attitude) mempunyai pengaruh yang kuat terhadap Kualitas Pelayanan pada Dinas Koperasi Kota Sukabumi, hal ini ditunjukkan dari hasil analisa regresi dimana nilai koefesien regresi sebesar 0.435172498. 2). Terbukti bahwa Perilaku Pegawai (Behaviour) mempunyai pengaruh yang kuat terhadap Kualitas Pelayanan pada Dinas Koperasi Kota Sukabumi, hal ini ditunjukkan dari hasil analisa regresi dimana nilai koefesien regresi sebesar 0.368808623. 3).Terbukti bahwa Keahlian Pegawai (Expertise) mempunyai pengaruh yang kuat terhadap Kualitas Pelayanan pada Dinas Koperasi Kota Sukabumi, hal ini ditunjukkan dari hasil analisa regresi dimana nilai koefesien regresi sebesar 0.450330593.