Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Pola Asuh Otoritatif Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 9-11 Tahun pada Siswa SD Negeri 2 Passo Kecamatan Baguala Di Kota Ambon
Main Author: | Tahitu, Malitsa Giovanna |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
IAKN Ambon
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/KNS/article/view/59 http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/KNS/article/view/59/62 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kecerdasan emosi dan pola asuh otoritatif secara simultan terhadap perilaku prososial anak usia 9 – 11 tahun pada SD Negeri 2 Passo Kecamatan Baguala di Kota Ambon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket. Sampel penelitian adalah siswa yang berusia 9 – 11 tahun di SD Negeri 2 Passo yang berjumlah 107 siswa. Hasil penelitian dengan analisis regresi berganda melalui program SPSS windows versi 16.0, menunjukan harga F = 8.617 pada p = 0.000 (p<0.05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel kecerdasan emosi dan pola asuh otoritatif berpengaruh yang sangat signifikan terhadap perilaku prososial. Sumbangan efektif kedua variabel X terhadap Y ditunjukan dari harga R2 = 0.142 yang berarti variabel kecerdasan emosi dan pola asuh otoritatif secara bersama memberikan pengaruh sebesar 14,2% terhadap perilaku prososial. Secara parsial, hasil perhitungan statistik menunjukan harga t = 1.901 pada p = 0.060 (p>0.05) untuk pengaruh antara variabel kecerdasan emosi dengan perilaku prososial. Harga t = 2.961 pada p = 0.004 (p<0.05) untuk pengaruh antara pola asuh otoritatif dengan perilaku prososial. Artinya, secara parsial variabel kecerdasan emosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku prososial dan variabel pola asuh otoritatif berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku prososial.