Efektivitas Akun Instagram @Aniesbaswedan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik: (Analisis Epic Model Pada Akun Instagram @Aniesbaswedan)

Main Authors: Prihatiningrum, Sri, Kusmiati, Yopi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang , 2023
Subjects:
Online Access: https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/warda/article/view/17518
https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/warda/article/view/17518/5929
Daftar Isi:
  • Anies Rasyid Baswedan was the Governor of DKI Jakarta who always shares various information and policies on his personal Instagram account @anesbaswedan. This is because, in this era, Instagram is not only used to express oneself, but also to implement policy transparency and information disclosure with the aim of increasing public trust. One of which is Anies Rasyid Baswedan. Based on this, in this study, researchers looked at the dimensions of the epic model that were most influential in increasing public trust in the @aniesbaswedan Instagram account and saw the effectiveness of the @anesbaswedan Instagram account in increasing public trust based on the EPIC Model. The theory used in this study is the EPIC Model, which is a marketing communication effectiveness measurement tool developed by AC Nielson. This study uses a positivism paradigm with a quantitative approach. The analysis technique used is simple tabulation, the average score is then entered into the EPIC Model scale range. The results of this study indicate that the most influential dimension in this study is the Empathy dimension with a score of 4.26 and the Instagram account @anesbaswedan is declared effective based on an EPIC rate calculation of 4.05 in increasing public trust.
  • Anies Rasyid Baswedan merupakan Gubernur DKI Jakarta yang selalu membagikan berbagai informasi dan kebijakannya pada akun instagram pribadinya @aniesbaswedan. Sebab di era ini, instagram tidak hanya digunakan untuk mengekspresikan diri, namun banyak pihak yang menggunakannya untuk menerapkan transparansi kebijakan dan keterbukaan informasi dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik, salah satunya adalah Anies Rasyid Baswedan. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam penelitian ini, peneliti melihat dimensi epic model yang paling berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan publik pada akun instagram @aniesbaswedan dan melihat efektifitas akun Instagram @aniesbaswedan dalam meningkatkan kepercayaan publik berdasarkan EPIC Model tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah EPIC Model, yaitu alat pengukur efektivitas komunikasi pemasaran yang dikembangkan oleh AC Nielson. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah tabulasi sederhana, skor rata-rata yang kemudian dimasukkan ke dalam rentang skala EPIC Model. Hasil penelitian ini menunjukkan dimensi yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah dimensi Empathy dengan skor 4,26 dan akun instagram @aniesbaswedan dinyatakan efektif berdasarkan perhitungan EPIC rate sebesar 4,05 dalam meningkatkan kepercayaan publik.