Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada salah satu pegawai Sub Bagian Perencanaan, didapatkan masalah seperti penerimaan informasi dari bentuk visualisasi sekarang dirasa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal tersebut dikarenakan informasi dari hasil visualisasi yang ditampilkan saat ini belum mendukung untuk membentuk satu opini mengenai hal yang berkaitan dengan pemerataan pendidikan. Hal tersebut yang mendasari penelitian ini untuk membantu Sub bagian perencanaan dan pelaporan dalam memahami kasus pemerataan pendidikan. Metode statistika, data mining, serta penerapan kaidah visualisasi data digunakan untuk menghasilkan bentuk informasi yang tepat dan dapat digunakan. Setelah dilakukannya perancangan visualisasi dan perbaikan terhadap masukan yang ada, dilakukan implementasi terhadap perangkat lunak berbasis website. Untuk menguji hasil prototipe sudah efisien dan efektif, dilakukannya pengujian prototipe menggunakan usability testing. Hasil dari dan usability testing mencapai 95,45% yang berarti bahwa desain yang dibuat telah berhasil dikarenakan mencapai tujuan minimal. Dari hasil tersebut, prototipe perangkat lunak visualisasi data dapat menyelesaikan kebutuhan informasi yang diharapkan sesuai dengan domain pendidikan di Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.