Pembangunan Aplikasi Wisata Kota Bengkulu Pada Smartphone Berbasis Android Dengan Teknologi Augmented Reality

Main Author: Budiman, Desreza Arief
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Image eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://elibrary.unikom.ac.id/489/1/UNIKOM_DESREZA%20ARIEF%20BUDIMAN_COVER.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/489/2/LEMBAR%20PENGESAHAN.jpg
http://elibrary.unikom.ac.id/489/3/SURAT%20PUBLIKASI.jpg
http://elibrary.unikom.ac.id/489/4/SURAT%20KETERANGAN%20TIDAK%20PLAGIAT.jpg
http://elibrary.unikom.ac.id/489/5/UNIKOM_DESREZA%20ARIEF%20BUDIMAN_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/489/6/UNIKOM_DESREZA%20ARIEF%20BUDIMAN_DAFTAR%20ISI.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/489/7/UNIKOM_DESREZA%20ARIEF%20BUDIMAN_BAB%20I.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/489/8/UNIKOM_DESREZA%20ARIEF%20BUDIMAN_BAB%20II.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/489/9/UNIKOM_DESREZA%20ARIEF%20BUDIMAN_BAB%20III.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/489/10/UNIKOM_DESREZA%20ARIEF%20BUDIMAN_BAB%20IV.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/489/11/UNIKOM_DESREZA%20ARIEF%20BUDIMAN_BAB%20V.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/489/12/UNIKOM_DESREZA%20ARIEF%20BUDIMAN_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/489/13/UNIKOM_DESREZA%20ARIEF%20BUDIMAN_JURNAL%20DALAM%20BAHASA%20INDONESIA.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/489/14/UNIKOM_DESREZA%20ARIEF%20BUDIMAN_JURNAL%20DALAM%20BAHASA%20INGGRIS.pdf
http://elibrary.unikom.ac.id/489/
http://elibrary.unikom.ac.id
Daftar Isi:
  • Kota Bengkulu memiliki banyak tempat wisata yang berfungsi sebagai daya tarik kota. Namun banyaknya tempat wisata ini tidak diikuti dengan berkembangnya fasilitas penunjang seperti fasilitas mengenai informasi tempat wisata dan fasilitas petunjuk jalan untuk menuju tempat wisata. Hal ini berdampak kepada sulitnya wisatawan yang berasal dari luar Kota Bengkulu untuk mencari informasi wisata dan mencari rute jalannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan teknologi augmented reality agar dapat membantu wisatawan dalam mendapatkan informasi wisata dan mendapatkan rute menuju tempat wisata. Metode augmented reality yang digunakan adalah metode Markerless GPS Based dengan menggunakan library Wikitude SDK, sedangkan metode pembangunan perangkat lunak yang digunakana adalah Waterfall versi Somerville. Data koordinat tempat wisata dijadikan sebagai marker agar dapat menampilkan informasi tempat wisata dan dapat menunjukkan rute jalannya. Pengujian dari aplikasi yang dibangun dilakukan dengan kuesioner dan diolah dengan menggunakan Skala Likert. Hasil pengujian dari 20 orang responden menunjukkan bahwa sikap responden terhadap penelitian yang dilakukan bernilai sangat positif untuk membantu wisatawan dalam menemukan tempat wisata dan informasinya dan juga bernilai sangat positif untuk dapat memudahkan wisatawan dalam mencari lokasi wisata yang dituju.