Pembangunan Game Edukasi Sebagai Media Alternatif Belajar Fisika Untuk Smp Kelas 7 Di Smpn 1 Jatinangor
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah game edukasi fisika untuk meningkatkan minat serta pemahaman siswa dalam mempelajari materi fisika. Alur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pertama-tama melakukan pengumpulan data, setelah itu menganalisis permasalahan yang terjadi di SMPN 1 Jatinangor. Setelah dianalisis, didapatlah sebuah solusi berupa membuat game edukasi fisika. Setelah aplikasi dibangun, dilakukanlah sebuah pengujian kepada siswa. Responden dibagi kedalam dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sebelum menggunakan aplikasi game edukasi fisika, siswa terlebih dahulu harus menjawab soal pretest yang berjumlah 10 soal. Setelah itu siswa diberikan waktu untuk mempelajari materi fisika pada aplikasi game edukasi fisika yang dibangun. Setelah siswa menggunakan aplikasi tersebut, siswa diharuskan menjawab soal posttest yang juga berjumlah 10 soal. Hasil pengujian pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan peningkatan dari segi nilai serta pemahaman siswa. Untuk mengetahui respon siswa mengenai aplikasi tersebut maka siswa dibagikan sebuah kuesioner. Dari hasil kuesioner tersebut, didapat hasil lebih dari 80% responden setuju bahwa aplikasi ini meningkatkan minat serta pemahaman siswa dalam mempelajari fisika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan pemahaman serta minat siswa dalam mempelajari materi fisika telah tercapai.